Cara Baru Mencairkan Jamsostek Secara Online 100% Work

Cara e-Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online Menggunakan HP Android dan Komputer/PC – Apabila kalian sedang bekerja sudah pasti akan terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan lembaga berkekuatan hukum yang sudah jelas tertuang dalam udang-undang ketenagakerjaan No. 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Terhadap Tenaga Kerja. Yang kemudian telah diperbarui pada 1 Januari 2014 dan memuat poin bahwa tiap-tiap perusahaan harus atau wajib untuk mengikutsertakan para tenaga kerjanya untuk ikut pada program BPJS Ketenagakerjaan. Dengan pedoman ini, BPJS Ketenagakerjaan merupakan hak tiap-tiap tenaga kerja yang wajib dipenuhi oleh perusahaan.

Program BPJS Ketenagakerjaan diantaranya yakni JHT (Jaminan Hari Tua), (JKK) Jaminan Kecelakaan Kerja, (JKM) Jaminan Kematian, Pensiun, dan sebagainya. (JHT) Jaminan Hari Tua adalah program yang mendapat perhatian dari peserta BPJS. Dahulu saat BPJS masih bernama Jamsostek, waktu itu JHT baru bisa dicairkan saat seorang pekerja berusia 56 tahun atau hendak menginjak masa pensiun, pindah ke luar negeri, terkena (PHK) Pemutusan Hubungan Kerja, atau sebab lain karena cacat akibat aktivitas kerja. Kini JHT dapat dicairkan sebagian sebelum berusia 56 tahun dan tanpa syarat keanggotaan 10 tahun sesuai PP No. 60 Tahun 2015. Maksudnya, peserta yang berhenti bekerja atau di-PHK bisa mencairkan JHT, mungkin sebagian teman-teman sudah mengetahuinya.

Baca juga : Aplikasi Internet Gratis Unlimited All Operator atau Aplikasi Lowongan Kerja Terupdate dan Terpercaya

Nah, jika dalam pencairkan Jamsostek secara langsung ini harus menunggu antrian panjang yang tentu akan menyita waktu kalian disini kami akan memberikan Cara Mencairkan BPJS Online entah itu menggunakan smartphone android maupun komputer/laptop. Cara Pencairan BPJS Online ini juga memudahkan anda karena bisa dicairkan via Online dengan cara e-Klaim. Lantas bagaimana cara, syarat, dan ketentuan yang harus diketahui bila ingin menggunakan fasilitas e-Klaim untuk mencairkan dana JHT atau e Klaim Secara Online lainnya? Langkah-langkah ini mengulas panduan dalam Pengambilan Dana Jamsostek yang bisa kalian lakukan sendiri secara online, berikut langkah-langkahnya :

Cara Mudah E-Klaim BPJS Lewat HP Android :

  1. Buat Akun BPJS Ketenagakerjaan

Pertama-tama anda harus membuat akun terlebih dahulu di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi.bpjs isi data diri secara lengkap seperti No KPJ, Nama anda, Tempat Tanggal Lahir, No E-KTP, Nama Ibu Kandung Anda, No. HP, dan alamat Email. Usahakan jngan ada yang terlewatkan.

  1. Tunggu Email Kode Aktivasi

Jika langkah diatas sudah selesai maka kamu akan menerima pesan email berisi Kode Aktivasi. Masukkan kode aktivasi tersebut pada kolom yang ditentukan kemudian tinggal tekan tombol Submit.

  1. Memilih Menu Sesuai Kebutuhan

Kemudian kamu akan masuk ke bagian Personal Service. Halaman tersebut hanya dapat diakses oleh pengguna yang sudah terverifikasi. Apabila ingin melakukan klaim JHT, tinggal pilih menu e-Klaim JHT. Pastikan pilihan kamu benar.

  1. Isi Data Pengajuan Klaim Secara Lengkap

Berikutnya kamu akan melihat tampilan Pengajuan Klaim, isikan data klaim Elektronik sesuai yang diharuskan, antara lain (KPJ) Pilihan Kartu Peserta BPJS, (Pilih “Pengajuan Klaim”), Jenis Klaim, contohnya “mengundurkan diri”). Kemudian klik tombol Submit Form, lihat bagian “Informasi Transaksi”, klik Lanjutkan.

  1. Tunggu Email/SMS PIN

Pada langkah ini kamu hanya diminta menunggu konfirmasi pin yang akan dikirim melalui sms atau email, kemudian kamu hanya ke kantor cabang bpjs terdekat atau klaim secara online saja.

Pencairan JHT dan Persyaratannya :

Program-Program BPJS Ketenagakerjaan via bpjsketenagakerjaan.go.id. Bicara soal klaim JHT, ada tiga jenis klaim yang didasarkan pada besaran pencairan maksimal: 10%, 30%, dan 100%. Seperti yang dijelaskan di bawah ini :

Klaim 10%

Dikhususkan untuk persiapan usia pensiun. Syaratnya:

  • Fotocopy Kartu BPJS Ketenagakerjaan beserta aslinya.
  • Fotocopy Identitas diri (KTP dan aslinya).
  • Fotocopy KK (Kartu Keluarga) beserta aslinya.
  • Surat keterangan aktif bekerja.

Klaim 30%

Khususkan untuk biaya membeli rumah dan sebagainya. Syaratnya:

  • Perusahaan tertib administrasi dan selalu membayar iuran (tidak menunggak).
  • Pembayaran dilakukan melalui bank yang menjalin kemitraan.
  • Pembelian rumah dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas KPR.

Klaim 100%

Khusus bagi anda yang berhenti bekerja, di-PHK, atau pensiun. Syaratnya:

  • Fotocopy BPJS Ketenagakerjaan dan aslinya.
  • Fotocopy Pengajuan Pembayaran Jaminan Hari Tua.
  • Fotocopy Buku Rekening Bank.
  • Fotocopy Identitas diri (KTP dan aslinya).
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK) beserta aslinya.
  • Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan.

Itulah Cara Pencairan Jamsostek BPJS Secara Online yang dapat tutorialhp sampaikan untuk anda, dan semoga informasi ini dapat bermanfaat buat anda. Simak juga Kunci Jawaban Tebak Gambar Semua Level atau Cara Menampilkan Ular di Layar HP dan FB yang kebetulan sudah kami siapkan. 🙂

Incoming search terms:

  • apakah mau cairin jamsostek harus pake hp android
  • cara menonaktifkan bpjs ketenagakerjaan jika melalui aplikasi di android
  • klaim bpjs ketenagakerjaan dengan hp android
Cara Baru Mencairkan Jamsostek Secara Online 100% Work | Onie | 4.5