5 Tanda HP Terkena Virus & Cara Mengatasinya

Ciri-ciri HP Android Terkena Virus atau Mallware dan Cara Membersihkannya – Penyebab masuknya virus ke sistem android tidak dapat kita ketahui dari mana sumbernya, hanya akan terasa saja dampaknya seperti performa android menjadi menurun, cepat panas, lag/lemot, dan biasanya akan muncul seperti iklan yang menutup layar hp anda. Jika dibiarkan tentu dapat beresiko terhadap sistem di dalam ponsel yang kalian gunakan, dan dampak dari kasus tersebut biasanya komponen baterai hp akan cepat habis/boros, layar sering bergerak dengan sendirinya, hingga bootloop atau mati total. Untuk itu kami sangat menyarankan apabila ponsel yang kamu pakai memiliki tanda-tanda terkena virus ada baiknya anda cepat tanggap dalam menanggulanginya, jangan sampai virus tersebut menyebar dan merusak sistem yang ada di dalamnya.

Android memiliki sistem open source atau sumber terbuka, sehingga kalian dapat dengan mudah mengontrol sistem yang ada di dalamnya, namun kelemahan dari sistem ini adalah perangkat dapat berjalan meskipun kita tidak menjalankannya. Ada banyak metode dalam mengatasi virus yang ada di hp anda, dan semuanya memang memiliki hasil tersendiri tergantung cara apa yang kamu gunakan dalam menghapus virus tersebut. Sebelum anda melangkah lebih jauh ada baiknya kalian ketahui terlebih dahulu apa saja ciri-ciri yang terlihat apabila smartphone yang kalian pakai sebenarnya sudah terkena virus, setelah mengetahui hal tersebut baru kamu cari cara untuk menghilangkan virus di hp anda.

Baca juga :

Cara Memperkuat Sinyal Internet Axis Indosat & Simpati

Tips Membeli HP Bekas Yang Berkualitas

Cara Melihat Virus di HP Android ini sebenarnya sangat mudah dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan, hanya membutuhkan ketelitian saja pasalnya jika hp tersebut memang terkena virus dampak awalnya akan sangat terasa jika kamu menyadarinya. Sebelum kami jelaskan mengenai ciri-ciri hp kena virus kami akan terangkan dulu kenapa virus itu bisa masuk, biasanya virus masuk dari sambungan kabel usb ke perangkat komputer, kemudian bisa juga disebabkan karena kamu sering masuk ke situs yang terdapat virus di dalamnya, dan mendownload aplikasi dari pihak ketiga merupakan salah satu penyebab datangnya virus ke perangkat hp anda. Dan untuk mengetahui virus di hp anda berikut ciri-cirinya :

Cara Mengetahui HP Terkena Virus atau Tidak :

  • Cepat Panas

Tanda hp terkena virus yang pertama biasanya hp akan sering cepat panas atau over heat, kondisi ini akan muncul pada saat sedang digunakan maupun hp tidak digunakan sama sekali. Jika dibiarkan mungkin akan merusak komponen baterai dan perangkat lunak hp anda.

  • Lag/lemot

Menurunnya performa android seringkali disebebkan oleh virus, biasanya hp akan terasa susah/berat saat digunakan, dan terkadang juga layar tidak dapat disentuh maupun sebaliknya layar akan bergerak dengan sendirinya. Dan dampak dari masalah ini seringkali akan merusak sistem android anda, jaringan sinyal internet akan susah meskipun sinyal banyak, dll.

  • Terinstallnya Aplikasi yang Tidak Di Inginkan

Hp terkena virus yang ketiga akan muncul aplikasi di ponsel anda meskipun kamu tidak mengharapkan aplikasi tersebut ada, dan dampaknya akan memakan ram maupun internal ponsel tersebut. Akan muncul iklan yang menutup layar ponsel, dan lain sebagainya.

  • Internal Sering Penuh Padalah Aplikasi Sedikit

Virus seringkali merusak memori internal hp anda, jika kamu melihat memori internal ponsel anda cepat penuh padahal aplikasi yang tersimpan sedikit sudah pasti itu disebabkan oleh virus. Tanda-tanda internal penuh biasanya kamu tidak dapat mengunduh aplikasi yang ada di google playstore atau toko aplikasi disertai munculnya informasi bahwa internal hp anda tidak cukup ruang/penuh.

  • Hank atau Bootloop Hingga Mati Total

Dan ciri-ciri ponsel terkena virus yang terakhir adalah hp akan hank hingga bootloop, dan jika hp sudah dalam keadaan bootloop dampak berikutnya akan mati total, dan jika sudah begini kamu perlu membawanya ke konter untuk diperbaiki. Biasanya biayanya sekitar 300 Ribuan tergantung daerah masing-masing.

Dari beberapa perbedaan hp terkena virus atau tidak di atas itu menurut kami hanya ada satu cara efektif untuk mengatasinya, ya cara Hard Reset terbilang cukup ampuh dalam menghilngkan semua virus hp anda, namun cara ini akan menghilangkan semua file dan aplikasi yang terdapat pada ram dan internal ponsel, ada baiknya kamu backup terlebih dahulu supaya aman.

Itulah beberapa tanda yang sangat jelas terlihat jika hp anda sudah terkena virus, untuk mengatasinya kamu bisa menghapus semua virus tersebut secara total.
Demikian Cara Melihat HP Terkena Virus atau Tidak yang dapat tutorialhp sampaikan kepada anda, semoga artikel ini bisa membuat anda lebih sigap dalam mengatasi virus yang sudah menyerang hp anda. Simak juga Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android atau Cara Bobol HP Pacar atau Mantan, info lain yang sudah disiapkan sebelumnya. Sampai jumpa 🙂

5 Tanda HP Terkena Virus & Cara Mengatasinya | Onie | 4.5