5 Penyebab & Cara Atasi Layanan Google Play Telah Berhenti

5 Penyebab & Cara Atasi Layanan Google Play Telah Berhenti – Pernahkah teman-teman melihat notifikasi sayangnya layanan google telah berhenti, atau mungkin sering muncul keterangan seperti itu? Jika memang demikian segera atasi agar kamu bisa menggunakan layanan dari google play dan masalah anda teratasi.

Munculnya notifikasi layanan google play telah berhenti ini memang terjadi pada smartphone android saja seperti pada hp samsung, lenovo, oppo, advan, asus, xiaomi, sony, LG, smartfren, coolpad, dan sebagainya. Dengan kondisi ini seringkali pengguna tidak bisa membuka google playstore di ponselnya, sehingga hal semacam ini tentu sangat meresahkan.

Google playstore merupakan media toko aplikasi yang ada di android, kita bisa mendapatkan aplikasi secara mudah disana baik yang gratis maupun berbayar. Namun bagaimana jika google play tidak bisa dibuka (error) dan muncul keterangan sayangnya layanan telah berhenti? Tenang saja ini hanya masalah spele dan sangat mudah untuk diatasi, jadi apabila gadget anda mengalami hal demikian kamu bisa memperbaikinya sendiri dengan langkah-langkah yang akan kami terangkan.

Sebelum anda mengatasi masalah ini ada baiknya kamu ketahui penyebab layanan google play error saat dibuka, dan inilah penyebabnya :

  • Trauble system
  • Mendeteksi aktifitas yang mencurigakan (mallware)

Mungkin saja kedua penyebab diatas yang membuat layanan google play android telah berhenti (error). Dan setelah anda mengetahui penyebabnya, kini saatnya anda memperbaiki layanan google hp tersebut, berikut langkah-langkahnya :

Cara Mengatasi Layanan Google Play Telah Berhenti (Error) :

  1. Nonaktifkan pengaturan sumber tidak diketahui

Pengaturan sumber tidak diketahui yang masih aktif mungkin saja penyebab google play error, karena dengan aktifnya fitur ini akan membuat virus dan mallware masuk secara leluasa. Cara menonaktifkan sumber tidak diketahui yaitu buka pengaturan telepon, klik privasi dan keamanan, lalu pada keterangan sumber tidak diketahui anda nonaktifkan. Jika sudah coba kamu buka kembali google playstore.

  1. Hapus data aplikasi, hapus cache, dan paksa berhenti

Cara yang kedua coba kamu hapus data aplikasi google play. Caranya buka pengaturan telepon, klik manajer aplikasi, klik google playstore. Setelah itu klik hapus cache/hapus memori, hapus data, dan yang terakhir klik paksa berhenti. Jika sudah kamu login kembali ke google playstore menggunakan email yang anda miliki.

  1. Restart ulang ponsel

Meskipun sederhana namun cara ini seringkali membuat sistem perangkat yang error bisa kembali normal. Jadi silahkan anda coba restart hp tersebut agar semua cache pada ponsel bisa dibersihkan.

  1. Lepas baterai, sim card, dan kartu memori/kartu SD

Cara ke empat coba kamu matikan ponsel tersebut lalu lepas baterai, kartu sim, dan memori card. Jika android anda memakai baterai tanam cukup melepas kartu sim dan kartu memori saja. Tunggu beberapa saat lalu anda pasangkan kembali komponen tersebut, nyalakan hp, aktifkan data seluler, dan coba buka google playstore.

  1. Hard reset

Jika langkah-langkah diatas tidak bisa mengatasi google play yang error mau tidak mau kamu harus menggunakan cara hard reset. Cara ini akan menghapus semua data dan aplikasi di ponsel tersebut, sehingga hp anda akan seperti baru kembali setelah dilakukan hard reset. Penjelasan mengenai hard reset beserta tata caranya anda bisa simak Disini.

Itulah beberapa Cara memperbaiki google play android error yang dapat kami jelaskan buat anda, semoga salah satu cara diatas bisa membuat layanan google play hp android sobat kembali normal. 🙂

5 Penyebab & Cara Atasi Layanan Google Play Telah Berhenti | Fortuna | 4.5